Rama, Mohammad, 51805120015 and Yaqin, Ainul, 0706017402 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
Abstrak Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah sebagai salah satu wadah pembentukan karakter siswa, diharapkan bisa menyelenggarakan kegiatan, khususnya proses pembelajaran yang menyisipkan nilai-nilai karakter khususnya karakter tanggung jawab. Salah satunya pada mata pelajaran PAI, yang mana mata pelajaran PAI sebagai tonggak terbentuknya sebuah karakter. Salah satu model pembelajaran yaitu Project Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran Project Based Learning, implementasi model pembelajaran Project Based Learning, serta faktor pendorong dan penghambat model pembelajaran Project Based Learning dalam membetuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Al-Islam Krian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Action Research. Data dalam penelitian ini diperoleh dari empat tekhnik yaitu wawancara kepada key informan yakni guru mata pelajaran PAI dan siswa, Observasi pasrtisipasi, kuisioner dan studi terhadap dokumentasi, silabus, RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran PAI dapat membentuk karakter tanggung jawab siswa, berdasarkan analisis terhadap unsur-unsur pembelajaran yaitu sintak, sistem sosial, tugas dan peran guru, sistem pendukung, dampak intruksional dan dampak pengiring. Adapun Implementasi model pembelajaran Project Based Learning diawali dengan pembuatan silabus dan RPP. Pembelajaran yang terdiri dari enam langkah meliputi: pertanyaan mendasar, merencanakan proyek, menyusun proyek, menjadwalkan proyek, monitoring, penutup pembelajaran dilakukan dengan menguji hasil, serta evaluasi. Karakter tangung jawab siswa sebagai hasil pembelajaran menggunakan model Project Based Learning pada mata pelajaran PAI sebelum treatment sebesar 30,2%, siklus I 48,4%, siklus II 57,8%. Dari hasil ini peneliti menyimpulkan karakter tanggung jawab peserta didik dapat terbentuk dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Faktor pendorong pembelajaran model Project Based Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa meliputi: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat. Faktor penghambat dengan model pembelajaran tersebut yakni membtuhkan waktu yang lama, mengeluarkan biaya besar, siswa yang semaunya sendiri, kurangnya kerja sama dengan orang tua.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Tanggung jawab, Model Pembelajaran, Project Based Learning |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Fadil Mohammad Rama Nur |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:52 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |