Analisis Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal PISA Matematika

Anevia, Yosefa Nina,51806150013 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 and Feriyanto, 0725059001 (2022) Analisis Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal PISA Matematika. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa SMP dengan kemampuan matematika rendah,sedang, tinggi dalam menyelesaikan soal PISA matematika. Metode Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Mojokerto tahun 2021/2022. Subjek penelitian mengambil 3 subjek dengan kemampuan matematika rendah, sedang ,tinggi.Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkann bahwa siswa kemampuan Tinggi dalam membayangkan suatu bangun ruang ketika ada perubahan tepat, siswa mengerti langkah sebelum memotong bangun ruang menjadi jaring-jaring, melihat bangun ruang dari arah berbeda tetapi sulit saat membayangkan bangun ruang diputar. Sedangkan siswa kemampuan sedang dalam membayangkan bangun ruang ketika terjadi perubahan atau perpindahan, memiliki kemampuan ketika melihat bangun ruang dari arah yang berbeda, mengalami kesulitan saat melakukan proses memutar bangun ruang sisi tersebut karena terjadi manipulasi objek. Selanjutnya Siswa kemampuan rendah dalam indikator yang peneliti gunakan yaitu siswa belum bisa memvisualisasikan bentuk ruang ruang ketika terjadi perubahan yaitu menjadi jaring jaring, siswa sudah memenuhi indikator persepsi terlihat bahwa siswa melihat bangun ruang dari arah yang berbeda, dan memilikii kemampuan untuk memutarkan suatu benda.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kemampuan spasial, soal PISA matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Anevia Yosefa Nina
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:09
Last Modified: 12 Sep 2022 02:09
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item