ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO

sadad, kintana aldriwan, 51906130016 and andriyati, asih / 0719048903 and Jayanti, Rani, 0709099004 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Tamansiswa Kota Mojokerto. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan ibu kepala sekolah, bapak ibu guru Bahasa Indonesia, dan siswa SMA Tamansiswa, serta dokumen hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru Bahasa Indonesia dalam mengelola kelas di SMA Taman Siswa dapat dianggap efektif. Guru-guru tersebut menerapkan pendekatan yang interaktif dalam pembelajaran, seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, simulasi, dan eksperimen praktis. Metode pembelajaran ini berhasil membantu siswa terlibat aktif dalam proses belajar, meningkatkan pemahaman mereka, dan menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Hasil pembelajaran Bahasa Indonesia siswa di SMA Taman Siswa cenderung mencerminkan kualitas kurikulum yang komprehensif dan metode pembelajaran yang efektif. Kurikulum yang disusun secara sistematis dan progresif membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam berbagai bidang pelajaran. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran inovatif dan bervariasi juga berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam Bahasa Indonesia. Guru juga mempunyai prinsip dalam pembelajaran yaitu hangat antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan hal-hal positif, penanaman kedisiplinan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Sadad Kintana Aldriwan
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:39
Last Modified: 04 Sep 2023 06:39
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4905

Actions (login required)

View Item View Item