TATA KELOLA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA GEMBONGAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

Syifa, Afida, 52003060001 and Muhaimin, Hikmah, 0712127802 and Rinayuhani, Tri Ratna, 0725098204 (2024) TATA KELOLA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA GEMBONGAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tata kelola aparatur pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rekrutmen perangkat desa di Desa Gembongan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk tes tertulis dan tes online yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya. Pelatihan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten berfokus pada peningkatan kapasitas aparatur desa, terutama dalam pengelolaan keuangan berbasis teknologi. Penilaian kinerja perangkat desa dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dengan indikator utama meliputi kehadiran, partisipasi, dan kualitas pelayanan. Namun, penelitian ini mengidentifikasi sejumlah hambatan dalam optimalisasi tata kelola aparatur, seperti kurangnya motivasi dan etos kerja perangkat desa serta perbedaan kemampuan teknologi di antara perangkat. Faktor-faktor ini menghambat efektivitas adaptasi terhadap perubahan teknologi dan pelayanan publik, seperti pelayanan malam hari, yang belum terlaksana dengan optimal. Dengan menekankan perlunya peningkatan pelatihan berkelanjutan dan dukungan teknis untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan yang lebih cepat, tepat, dan profesional.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola SDM, Pemerintah Desa, Pelayanan Publik
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Government Studies
Depositing User: Syifa Afida Izzatus
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:15
Last Modified: 18 Sep 2024 03:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item