Hidayati, Uci Nurul, 51506150029 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Gedeg. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, satu siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan satu siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Penyelesaian Masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: subjek visual mengoneksikan antar konsep matematika dengan mengidentifikasi, mengaitkan serta menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah. Dalam mengoneksikan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain subjek menyebutkan bidang studi lain selain matematika. Subjek mengoneksikan konsep dalam kehidupan sehari-hari dengan mengubah masalah dengan menuliskan model matematika, mengidentifikasi dan menggunakan konsep yang ditemukan untuk menyelesaikan masalah hingga menemukan hasil akhir dan menuliskan kesimpulan penyelesaian masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Subjek auditorial mengoneksikan konsep matematika dengan mengidentifikasi, mengaitkan serta menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah. Dalam mengoneksikan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain subjek menyebutkan studi lain selain matematika. Dalam mengoneksikan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dengan mengubah masalah dengan menuliskan model matematika, mengidentifikasi dan menggunakan konsep yang ditemukan untuk menyelesaikan masalah hingga menemukan hasil akhir dan menuliskan kesimpulan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Subjek kinestetik mengoneksikan antar konsep matematika hanya mengidentifikasi konsep dan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah, namun tidak dapat mengaitkan konsep dikarenakan subjek terpaku dalam kalimat pada masalah. Dalam mengoneksikan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain, menyebutkan bidang studi lain selain matematika. Dalam mengoneksikan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari subjek hanya mengubah masalah kedalam model matematika, menggunakan konsep yang ditemukan untuk menyelesaikan masalah hingga menemukan hasil akhir dan menuliskan kesimpulan, Namun tidak mengidentifikasi keterkaitan konsep yang ditemukan.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Penyelesaian Masalah, SPLDV, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Uci Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 06:31 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:31 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1062 |
Actions (login required)
View Item |